4 Manfaat Senam Pramuka Untuk Kesehatan

Yuk Bagikan Artikel kami!

Tidak selamanya kegiatan dalam pramuka itu serius terus, terkadang ada kegiatan untuk seru-seruan seperti senam pramuka. Kegiatan senam memang terbilang menyenangkan karena anggota dapat melakukan aktivitas fisik yang menyehatkan. 

Senam adalah bagian yang tidak terlepas dari kegiatan pramuka, akan tetapi sebagai anggota pramuka Anda harus mengetahui bagaimana sejarah senam dan apa saja manfaatnya. Di bawah ini ada penjelasan selengkapnya mengenai kegiatan senam di pramuka.

Sejarah Senam Pramuka

Senam Praja Muda Karana (Pramuka) ini dimulai pada tahun 2002. Saat itu kegiatan pramuka dunia memuat tujuan baru dari pramuka yaitu untuk menciptakan dan menumbuhkan generasi yang sehat serta memiliki tubuh yang bugar.

Lalu dirasa dengan senam, maka bisa mewujudkan tujuan tersebut apabila anggota juga tidak akan merasa terbebani ketika mengerjakannya. Mulai saat itu, kegiatan senam diresmikan dan harus dilakukan dalam pramuka. 

Jadi, ketika Anda mengikuti kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu pasti terdapat senam di rangkaian kegiatannya. Selain itu, gerakan senam di pramuka juga tidak hanya berfokus pada kesehatan fisik saja melainkan juga rohani. 

Jika Anda perhatikan musik dan gerakan yang diajarkan pada senam dalam pramuka ini berbeda seperti senam di sekolah. Alasannya adalah diharapkan anggota dapat merasa lebih bersemangat untuk melakukan senam. 

Ketika melakukan senam, biasanya para anggota setiap regu akan menyanyikan yel-yel masing-masing sehingga suasananya menjadi lebih senang dan bersemangat. 

Senam Pramuka x1 Senam Pramuka
Foto pramuka_smansa_madsuga

Manfaat Melakukan Senam

Sama seperti melakukan senam lainnya, Anda juga akan merasakan manfaatnya ketika melakukan gerakan senam pada pramuka bagi kesehatan tubuh. Apalagi jika melakukannya dengan rutin, maka tubuh semakin bugar. 

1. Meningkatkan Kelenturan dan Kebugaran Tubuh 

Senam dalam pramuka dapat meningkatkan kebugaran dan kelenturan pada tubuh. Tentu saja, ketika Anda berlatih kelenturan tubuh maka bisa memperbaiki bentuk tubuh. Saat melatih kelenturan, Anda akan berfokus pada otot sehingga postur tubuh semakin terbentuk dengan sendirinya. 

2. Meningkatkan Fungsi Jantung

Manfaat kedua dari melakukan gerakan inti senam pramuka adalah bisa meningkatkan fungsi jantung yaitu untuk memperbaiki denyut nadi. Denyut nadi adalah salah satu komponen yang sangat penting dalam kesehatan jantung. 

Apabila denyut nadi terjaga, maka kesehatan jantung juga akan ikut terjaga. Oleh karena itu, dalam kegiatan pramuka selalu mengadakan senam karena sangat bermanfaat bagi kesehatan jantung Anda. Apalagi gerakan senamnya juga mudah dilakukan jadi tidak membebankan. 

3. Menurunkan Berat Badan

Untuk Anda yang ingin memiliki jantung sehat serta memiliki badan langsing bisa melakukan senam dalam pramuka. Walaupun ada juga beberapa anjuran lain untuk menurunkan berat badan seperti jangan melewatkan sarapan serta mengonsumsi makanan bergizi, Anda juga bisa melakukan senam.

Gerakan pada senam pramuka mampu mengeluarkan kalori yang apabila dilakukan secara rutin maka bisa menurunkan lemak tubuh. Jadi, tidak hanya untuk kesehatan jantung saja, melainkan juga Anda bisa mendapatkan postur tubuh yang diinginkan.

4. Meningkatkan Mood dan Mengurangi Stress

Seperti yang Anda sudah tahu bahwa dengan melakukan olahraga secara rutin, maka bisa menurunkan hormon stress. Keringat yang dikeluarkan selama senam itu juga turut membawa keluar hormon stress sehingga bisa meningkatkan suasana hati. 

Suasana hati yang baik di awal hari tentu akan membawa sensasi semangat untuk melakukan berbagai aktivitas. Oleh karena itu, jika Anda ingin memiliki mood yang bagus setiap harinya, bisa melakukan gerakan senam dalam pramuka. Aktivitas senam pramuka ini memiliki gerakan yang tidak sulit dilakukan. Untuk latihan, Anda bisa menonton video dari Youtube setiap harinya. Sama seperti senam lainnya, senam pada pramuka juga membawa manfaat yang besar bagi tubuh.

Senam Pramuka

LINK VIDIO SENAM PRAMUKA di YOUTUBE

Advertisements

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram! & Instagram

Yuk Bagikan Artikel kami!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Articles: 224

Tinggalkan Balasan