Kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega: Jenis Pertemuan dan Kegiatan Menarik

Yuk Bagikan Artikel kami!

Kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega adalah momen penting bagi para anggota pramuka untuk mengembangkan keterampilan, kepemimpinan, dan semangat kebersamaan. Dalam artikel ini, kita akan membahas berbagai jenis pertemuan dan kegiatan menarik yang dikhususkan bagi para pramuka penegak dan pandega. Mari kita simak bersama!

Raimuna: Pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega dalam Bentuk Perkemahan Besar

Raimuna merupakan pertemuan Pramuka Penegak dan Pandega yang diadakan dalam bentuk perkemahan besar oleh kwartir Gerakan Pramuka. Jenis pertemuan Raimuna mencakup Raimuna Ranting, Raimuna Cabang, Raimuna Daerah, dan Raimuna Nasional.

Kegiatan Pramuka Penegak Kegiatan Pramuka Penegak
foto raihannn886

Perkemahan Wirakarya (PW): Integrasi dengan Masyarakat dan Pembangunan

Perkemahan Wirakarya adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega berbentuk perkemahan besar yang bertujuan untuk berintegrasi dengan masyarakat dan ikut serta dalam kegiatan pembangunan masyarakat.

Gladian Pemimpin Satuan (Dianpinsat): Kegiatan Manajerial dan Kepemimpinan

Dianpinsat (Penggladian Pimpinan Satuan) adalah kegiatan khusus bagi Pemimpin Sangga Utama (Pradana), Pemimpin Sangga (Pinsa), dan Wakil Pemimpin Sangga (Wapinsa). Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan di bidang manajerial dan kepemimpinan. Dianpinsa diselenggarakan di tingkat gugus depan, kwartir ranting, atau kwartir cabang.

Peran Saka (Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka): Kolaborasi Satuan Karya Pramuka

Perkemahan Antar Satuan Karya Pramuka (Peran Saka) adalah kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega yang diikuti oleh anggota Satuan Karya Pramuka (Saka). Perkemahan ini berbentuk besar dan diselenggarakan oleh kwartir Gerakan Pramuka. Minimal dua Satuan Karya Pramuka harus berpartisipasi dalam acara ini.

Musppanitera: Penyusunan Perencanaan Pembinaan

Musyawarah Pramuka Penegak dan Pandega Puteri dan Putera (Musppanitera) adalah pertemuan penting untuk menyusun perencanaan pembinaan bagi Pramuka Penegak dan Pandega di wilayah kwartir dalam satu masa bakti kwartir/dewan kerja. Hasil dari Musppanitera akan dijadikan bahan dalam musyawarah kwartir.

Ulang Janji: Upacara Pengucapan Ulang Janji Trisatya

Ulang Janji adalah upacara pengucapan ulang janji (Trisatya) bagi Pramuka Penegak, Pandega, dan Anggota Dewasa. Upacara ini dilaksanakan pada malam tanggal 14 Agustus dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Pramuka.

Beragam Kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega Menarik

Selain pertemuan di atas, ada beberapa kegiatan menarik lainnya, seperti Sidang Paripurna (Siparcab) Dewan Kerja, Pengembaraan, Latihan Dasar Kepemimpinan, Pelatihan Pengelola Dewan Kerja (PPDK), Pelantara, Kemah Bakti Saka (Pertika), dan banyak lagi Kegiatan Pramuka Penegak dan Pandega.

Jangan lewatkan kesempatan untuk membeli produk perlengkapan Pramuka terbaik di distropramuka.com. Segera kunjungi situs kami dan rasakan pengalaman berbelanja yang menyenangkan!

Advertisements

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram! & Instagram

Yuk Bagikan Artikel kami!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Articles: 224

Tinggalkan Balasan