Jejak Perjalanan Pramuka di Indonesia: Dari Pionir Kepanduan hingga Hari Lahir Pramuka

Yuk Bagikan Artikel kami!

Asal Usul Pramuka: Dari Inggris ke Indonesia

Pramuka, sebuah gerakan kepanduan yang tak lekang oleh waktu, memiliki jejak panjang yang membentang dari Inggris hingga Indonesia. Asal mula Pramuka terkait erat dengan pemikiran Robert Baden-Powell, seorang anggota angkatan darat Inggris, yang mencetuskan gerakan kepanduan internasional melalui bukunya “Scouting For Boys.”

Gerakan Kepanduan di Indonesia: Dari NPO ke INPO

Sejak masuknya gerakan kepanduan ke Indonesia pada tahun 1912, perjalanan Pramuka di Tanah Air telah mengalami transformasi signifikan. Dari Nederlandsche Padvinders Organisatie (NPO) hingga pembentukan Indonesische Nationale Padvinderij Organisatie (INPO) pada tahun 1926, Pramuka tumbuh menjadi kekuatan nasional yang mengakar di berbagai lapisan masyarakat.

Jejak Perjalanan Pramuka Di Indonesia
Jejak Perjalanan Pramuka Di Indonesia
pasukan_bintang_timur

Tantangan dan Transformasi: Perkembangan Pramuka di Indonesia

Dalam perjalanannya, Pramuka di Indonesia menghadapi berbagai tantangan, termasuk larangan penggunaan istilah “padvinder” oleh pemerintah Hindia-Belanda. Namun, dengan kepemimpinan K.H. Agus Salim dan semangat perubahan, istilah “pandu” atau “kepanduan” diperkenalkan, menciptakan landasan baru bagi Pramuka di Tanah Air.

Melangkah Bersama: Meresmikan Gerakan Pramuka Indonesia

Pada 14 Agustus 1961, momentum bersejarah tercipta dengan dilaksanakannya MAPINAS (Majelis Pimpinan Nasional). Dipimpin oleh Presiden Soekarno, Sultan Hamengkubuwono IX, dan Brigjen TNI Dr. A. Azis Saleh, gerakan Pramuka resmi diakui dan diberi nama. Hari itulah, Pramuka lahir, sebuah peristiwa bersejarah yang kini dirayakan setiap tahunnya.

Jejak Perjalanan Pramuka Di Indonesia

Dari asal mula hingga hari lahirnya, Pramuka Indonesia terus berkembang, menginspirasi generasi demi generasi untuk berkontribusi pada bangsa dan negara. Mari bersama-sama menjelajahi jejak kehormatan, kepanduan, dan kebersamaan dalam perjalanan luar biasa Pramuka di Indonesia.

Advertisements

Yuk gabung Whatsapp Channel kami!
Follow kami di Telegram! & Instagram

Yuk Bagikan Artikel kami!
Pramuka Update
Pramuka Update

Media Pramuka Independent yang memiliki misi menjadi media pramuka rujukan dalam berlatih pramuka. Visi Pramuka Update adalah membangun konten siapapun dan dimanapun bisa mengakses materi pramuka terbaru dan terupdate.

Kontak kolaborasi & media partner WA 0877-2264-2882

Articles: 224

Tinggalkan Balasan